Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang
dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac
OS X, dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat berbagai macam fitur
yang bisa digunakan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya. Yang
menarik dari Microsoft Excel adalah banyaknya fungsi-fungsi yang dapat
membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
Kumpulan Fungsi Microsoft Excel 2007
SUM
SUM merupakan fungsi untuk menghitung total dari sejumlah cell yang dipilih (harus angka). Cara menggunakan SUM adalah dengan ketik =SUM(cell pertama:cell terakhir).
Contoh: =SUM(B3:B7)
AVERAGE
AVERAGE merupakan fungsi untuk menentukan nilai rata-rata dari sejumlah cell yang dipilih (harus angka). Cara menggunakan AVERAGE adalah dengan mengetik =AVERAGE(cell pertama:cell terakhir)
Contoh: =AVERAGE(B3:B7)
HLookup
HLookup
adalah fungsi untuk melakukan pencarian secara horizontal dengan
mencari nilai baris mulai dari kiri atas tabel ke kanan bawah tabel yang
kemudian mengembalikan nilai dalam kolom yang sama berdasarkan isi cell tersebut. Cara menggunakan HLookup adalah=HLOOKUP(value,table,index_number,[not_exact_match])
- Value adalah nilai untuk mencari baris pertama dari tabel yang ingin diisi.
- Table adalah kumpulan data yang dipilih yang pasti lebih dari 1 baris cell.
- index_number adalah penentuan jumlah baris dalam tabel mana yang sesuai untuk dikembalikan. Baris pertama adalah 1.
- not_exact_match adalah sebuah pilihan apakah kamu mencari nilai yang benar-benar sesuai atau tidak.
Contoh: =HLOOKUP(A3,D2:H3,2,FALSE)
VLookup
VLookup
adalah fungsi untuk melakukan pencarian secara vertikal. Mirip seperti
HLookup tetapi untuk versi vertikal. Cara menggunakan VLookup adalah=VLOOKUP(lookup_value,table_array,column_index_number,[range_lookup])
- lookup_value adalah kondisi dimana kamu mencari nilai yang kamu inginkan dari tabel yang dipilih.
- table_array adalah dua atau lebih kolom tabel yang berisi data, bisa berupa angka, teks, tanggal dan lainnya.
- index_number adalah penentuan jumlah baris dalam tabel mana yang sesuai untuk dikembalikan. Baris pertama adalah 1.
- not_exact_match adalah sebuah pilihan apakah kamu mencari nilai yang benar-benar sesuai atau tidak.
Contoh: =VLOOKUP(100,A3:B7,2,FALSE)
IF Tunggal
IF adalah sebuah fungsi Excel dimana kamu bisa menentukan value dari dua kondisi yang berbeda. Contoh menggunakan IF adalah =IF(logical_test_value,value_if_true,value_if_false).
Contoh: =IF(A3>100,"read","download")
IF Ganda
IF ganda bisa digunakan ketika kamu ingin menentukan satu value tetapi
kondisinya lebih dari dua kondisi sehingga perlu keakuratan yang lebih
tinggi. IF ganda adalah penggunaan IF dalam IF dan dalam hal ini IF
tersebut bisa digunakan lebih dari satu kali.
Contoh: IF(A5>102,"write",IF(A5>101,"read","download))
MAX
Fungsi
MAX adalah untuk menemukan value terbesar dari kumpulan data yang
dipilih, dalam hal ini value merupakan angka. Cara menggunakan
=MAX(range_table)
Contoh =MAX(C2:C8)
MIN
Fungsi
MIN sama seperti MAX tetapi untuk mencari value terkecil dari kumpulan
data yang dipilih, dalam hal ini value berupa angka. Cara menggunakan
=MIN(range_table)
Contoh =MIN(C2:C8)
JalanTikus akan meng-update terus kumpulan formula Microsoft Excel 2007 ini agar kamu bisa lebih mudah dalam mempelajari Microsoft Excel.
0 komentar:
Posting Komentar